Kamis, 19 Desember 2013

Permainan tradisional "Lempar Raja"



Bermain memang kegiatan yang disukai oleh banyak orang, entah dari bocah, remaja, para 4L4Y, bahkan orang dewasa juga suka bermain, walau arti kata berMAIN mereka bisa berarti berbeda... heeeemmmhhhh (senyum licik). Bermain juga disukai segala jenis manusia baik pria, wanita, atau pria kewanita-wanitaan atau wanita ke pria-priaan (nah lho?). Nah kalo saya dulu itu sukanya bermain permainan tradisonal, karena sangat murah meriah sekalian berolahraga (alibi karena zaman dulu uang jajan habis buat bli tazoz).
Nah untuk mengenang kembali nostalgia dengan si permainan tradisional (sambil dengerin lagu betaria sonata-hati yang luka "pulangkan saja, aku pada ibuku.. atau ayahku... cukup segitu aja, kebetulan suara saya mahal, kalo suara saya dibandingkan dengan harga emas, sudah pasti mahalan harga emas... Lho?)
Sudahlah, tanpa banyak basa-basi, karena kalo basi jadi ga enak, nasi aja basi jadi ga enak... langsung saja saya tampilnya, eh tampilkan maksud saya.. salah satu permainan tradisional yang kebetulan saya ciptakan sendiri dengan sendirinya ketika menyendiri di mana didukung keyakinan diri (ngomong apa sih gue..)
Nah baca aja deh sendiri,!!! NAPA GUE JADI YANG REPOT, LOE YANG BACA GUE YANG CAPE!! NI GIMNA CARA MATIIN TOMBOL CAPS LOCK NYA?? 



BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Di era modern seperti ini sangat dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas yang mampu bersaing disegala bidang. Untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas tentu harus bisa mendapatkan atau membuat bibit yang baik. Dalam dunia pendidikan formal, tempat untuk bisa menghasilkan atau mencetak bibit yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang bagus adalah di Sekolah Dasar. Di Sekolah Dasar pemberian akan dasar-dasar pengetahuan harus diberikan dengan baik dan tepat, apabila dari pemberian pengetahuan itu tidak tepat, maka tidak akan bisa untuk mencetak SDM yang berkualitas.
Guna pengefektifan pemberian pembelajaran di Sekolah dasar tentunya guru sangat berperan. Guru harus memiliki suatu keterampilan yang cukup baik guna bisa mengintegrasikan semua pembelajaran dengan baik. Selain mengajarkan berapa bentuk pembelajaran yang dapat meningkatkan tingkat kognitif, seorang guru di Sekolah Dasar juga harus juga memberikan pembelajaran yang bisa meningkatkan kemampuan keterampilan jasmani yang dimiliki oleh siswa agar siswa juga memiliki keahlian dalam bidang olahraga.
Salah satu mata pelajaran yang ada di Sekolah Dasar yang dapat meningkatkan kemampuan keterampilan jasmani yaitu Pendidikan Jasmani. Pemberian pendidikan jasmani kepada anak Sekolah Dasar ini sangat penting, karena tujuannya berada dalam lingkup perkembangan fisik, gerak, mental, dan sosial anak Sekolah Dasar tersebut. Sehingga harapan agar bisa mencetak SDM yang berkualitas bisa dicapai.
Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar sebagian besar berisikan tentang materi-materi yang mendasar mengenai pendidikan jasmani. Selain itu seorang guru juga bisa memberikan suatu permainan- permainan kepada siswa. Banyak jenis permainan yang bisa diberikan di Sekolah Dasar, namun harus dipilih dengan baik permainan yang memang pantas dan cocok untuk anak SD agar nantinya permainan tersebut memiliki manfaat yang berguna bagi anak tersebut. Oleh sebab itu dalam penulisan makalah ini, penulis akan membahas dan menjelaskan mengenai salah satu permainan yang telah penulis buat yaitu permainan “Lempar Raja”.

1.2         Rumusan Masalah
Sesuai dengan  latar belakang yang telah dipaparkan diatas adapun rumusan masalah yaitu :
a.         Apa itu permainan Lempar Raja ?
b.        Bagaimana melakukan permainan Lempar Raja?

1.3         Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah yang disampaikan di atas, tujuan yang ingin dicapai yaitu :
a.         Untuk mendeskripsikan tentang permainan Lempar Raja.
b.        Untuk memahami dan mengerti dalam memainkan permainan Lempar Raja.

1.4         Manfaat
Sesuai dengan tujuan yang disampaikan di atas, maka manfaat yang diperoleh yaitu :
a.         Bagi penulis
Makalah ini penulis buat untuk  memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Jasmani dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai permainan lempar raja ini. Selain itu juga, agar penulis menjadi terbiasa untuk membuat dan menyusun karya tulis sebagai acuan dan pembelajaran dalam pembuatan tugas akhir skripsi.
b.        Bagi pembaca
Makalah ini di harapkan dapat menjadi salah satu sumber informasi sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca mengenai materi yang di bahas dalam makalah ini.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Permainan Lempar Raja
Permainan “Lempar Raja” ini merupakan permainan yang penulis buat dengan menggabungkan beberapa permainan seperti basket, bola tangan/raja bola dan menciptakan permainan baru yaitu lempar raja. Permainan ini butuh kerjasama dan kekompakan antar teman satu tim untuk bisa memenangi pertandingan.
2.2. Cara memainkan permainan Lempar Raja
Untuk dapat memainkan permainan ini tidaklah terlalu sulit, akan tetapi ada beberapa hal yang harus dipenuhi dan diperhatikan.
a.        Pemain
Dalam permainan “Lempar Raja” ini, pemain dibagi menjadi dua tim. Setiap tim terdiri dari 5 orang pemain. Permainan ini boleh dilakukan oleh laki-laki ataupun perempuan, namun tentu harus dibedakan pengelompokan jenis kelamin dalam bermain.
b.        Lapangan
Lapangan permainan berupa lapangan terbuka berbentuk persegi panjang sekitar lebar  8 meter dan panjangnya 16 meter persegi, cukup untuk pergerakan dari kedua tim ini bermain permainan Lempar Raja. Kemudian lapangan dibagi dua daerah untuk dua tim yang bermain, dan di tiap daerah terdapat gambar setengah lingkaran untuk daerah diamnya raja yang luasnya sekitar 3 meter persegi.




Gambar 1
Posisi awal pemain di lapangam






Ket:
*      = Raja
   = Pengawal


 









c.         Jalannya permainan
Pada permainan Lempar Raja ini, para pemain akan dibagi menjadi dua kelompok tim, kemudian ditentukan tim mana yang pertama berhak memegang bola, lalu tim yang mendapat kesempatan memegang bola mempunyai tugas untuk menyerang pertahanan lawan dan harus berusaha mengenai raja dari tim lawan dengan cara melemparkan bola  yang dipunya. Tetapi pemain yang bertugas menyerang tidak boleh melewati garis setengah lingkaran yang dimiliki lawan, yang artinya tim yang berusaha melempar bola harus melakukannya diluar garis. Kemudian tim yang diserang harus melindungi rajanya dari lemparan bola, dengan cara menepis bola yang dilempar lawan, tetapi mereka harus melakukannya di luar area setengah lingkaran rajanya juga, karena jika mereka terkena lemparan di dalam area setengah lingkaran milik sendiri dan bola gagal ditangkap, maka mereka akan terkena penalty dan harus keluar lapangan dan tidak boleh bermain sampai timnya berhasil merebut bola dari lawan, namun jika bola berhasil ditangkap oleh diri sendiri atau oleh teman satu tim, maka mereka bisa melakukan serangan balik.
d.        Waktu permainan
Untuk waktu permainan lempar raja ini diberi waktu sekitar 10 menit untuk tiap babak dan dalam permainan ini terdapat dua babak, jadi total waktu keseluruhan adalah 20 menit. Waktu tambahan akan diadakan jika pertandingan 2x10 menit itu berakhir imbang. Babak tambahan memiliki waktu 5 menit.
e.         Penentuan kalah dan menang
Dalam permainan lempar raja ini, salah satu tim dinyatakan sebagai pemenang jika mereka berhasil mengenai raja milik lawan paling banyak, jadi penentuan menang kalah ditentukan skor banyaknya lemparan yang mengenai raja. Dan pemenang akan mendapatkan hadiah.
f.         Aturan permainan
Ada beberapa aturan dalam permainan ini, yaitu diantaranya, bola yang digunakan adalah bola plastik seukuran bola sepak. Jika bola keluar lapangan yang diakibatkan oleh tim A, maka dilakukan lemparan kedalam oleh tim B. Pemain boleh bekerja sama dengan melakukan operan-operan antar teman untuk membingungkan lawan. Ketika tim yang memegang bola melakukan penyerangan, tim yang bertugas menjaga rajanya dari lemparan dilarang merebut bola ketika bola masih digenggaman lawan, mereka hanya boleh membayangi dan menutup ruang tembak dari tim penyerang. Jika bola dijatuhkan oleh tim penyerang, baru mereka boleh berusaha merebut bola. Raja juga diperbolehkan menangkap bola yang datang padanya, namun ia tak boleh keluar lingkaran dan hanya boleh memberi operan pada temannya. Yang paling penting dilarang bermain kasar.

2.3.  Manfaat permainan
Permainan lempar raja ini ini memiliki beberapa manfaat, diantaranya:
1.         Melatih kerjasama antara kelompok/tim dalam bermain.
2.         Dapat membantu mengembangkan kesegaran, kesehatan, dan kebugaran jasmani untuk kehidupan sehari-hari.
3.         Mengajarkan sportifitas dalam bermain.
4.         Menikmati kesenangan melalui aktivitas jasmani



BAB III
PENUTUP
3.1. Simpulan
            Dapat ditarik kesimpulan bahwa permainan Lempar Raja merupakan, permainan yang menggabungkan beberapa permainan seperti basket dan bola tangan/raja bola untuk menjadi permainan baru yaitu lempar raja, perminan ini  dimainkan oleh dua tim yang masing-masing berjumlah 5 orang. Dimana tim tersebut bertugas mengenai raja dari lawan sebanyak-banyaknya untuk bisa memenangi pertandingan dan juga harus bisa melindungi rajanya dari lemparan bola. Waktu permainan berduarasi 2x10 menit, dan jika dalm waktu tersebut hasil masih imbang, maka akan dilakukan babak tambahan waktu.
3.1    Saran
Sebagai calon guru SD, makalah ini cukup tepat dan bermanfaat guna mengajarkan tentang salah satu permainan jasmani yang menyenangkan bagi anak SD, dan tentunya bisa menambah wawasan mengenai permainan yang baik untuk anak SD.

2 komentar: