Jumat, 03 Januari 2014

5 Hal Yang Bisa Menjauhkan Anda Dari Penyakit

 
Jakarta, Semua orang mendamba kesehatan yang baik dan semangat yang tinggi. Kesehatan dan semangat membuat hari-hari dapat dilalui dengan sempurna. Tetap sehat dan bersemangat, tidak susah lho ternyata. Bagaimana caranya?


Dikutip dari Times of India, Jumat (3/1/2014), 5 hal ini dapat menghindarkan Anda dari penyakit.

1. Sauna

Jika Anda menggemari perawatan tubuh, cobalah untuk tidak hanya melakukan manikur atau pedikur saja. Sekali-kali coba juga untuk bersauna. Sauna tidak hanya berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh, tetapi juga membuka sinus, melegakan pernapasan, dan mengurangi terjadinya flu.

Sauna adalah kegiatan yang dilakukan di ruang tertutup dengan menggunakan pemanas hingga mencapai suhu tertentu. Para ahli menyarankan supaya menuai hasil maksimal, mandi sauna sebaiknya tidak dilakukan lebih dari 15-20 menit. Sebab terlalu lama bersauna dapat mengacaukan aliran darah dan kurang baik bagi penderita jantung.

2. Pasang Pelembab Ruangan

Udara yang kering adalah lingkungan yang tepat untuk tempat berkembangnya virus. Itulah mengapa flu lebih sering menjangkit saat musim dingin. Saat musim dingin, udara menjadi lebih kering dan kelembapannya berkurang. Oleh karena itu, pasanglah pelembab udara untuk melembapkan ruangan sekaligus memerangi penyakit. Jangan lupa mengganti air dan membersihkannya beberapa hari sekali.

3. Berciuman

Saat flu, sebaiknya jangan berciuman dengan pasangan. Tetapi saat kedua belah pihak dalam kondisi fit, jangan sia-siakan kesempatan yang ada. Saat berciuman, Anda dan pasangan akan bertukar ludah yang dengan kata lain akan terjadi pertukaran kuman. Jangan takut, pertukaran kuman itu justru merangsang sistem kekebalan tubuh sehingga antibodi lebih ampuh melawan virus. Proses pertukaran ini disebut dengan cross-imunoterapi.

Selain meningkatkan imun, berciuman juga digandang mampu membakar kalori, memicu detak jantung, menjaga kesehatan mulut, serta mengurangi stres. Namun perlu diingat bahwa sebaiknya ciuman tidak dilakukan apabila salah satu pasangan sedang mengalami sariawan, infeksi gigi, atau peradangan pada gusi

4. Mendengarkan musik

Manfaat musik mungkin di luar apa yang Anda bayangkan. Musik dapat mengurangi stres, memperkuat daya ingat, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sebisa mungkin jangan asal mendengarkan musik hanya untuk meramaikan suasana, manfaatkan juga untuk membangkitkan semangat. Pilihlah musik yang bisa membuat Anda bergerak dengan semangat.

5. Berkumur

Mungkin nenek atau ibu Anda pernah menyuruh Anda berkumur untuk meredakan sakit tenggorokan. Ya, ternyata itu benar-benar berhasil! Penelitian mengatakan bahwa berkumur dengan air beberapa kali sehari dapat menjauhkan diri dari flu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar